Jangan Lupa Perhatikan Berikut Saat Menyetir Mobil di Waktu Hujan


Saat musim hujan, pengendara mobil memang diinginkan lebih waspada waktu memakai kendaraannya. Masalahnyawaktu hujan, tentunya efek kecelakaan akan makin besar, sebab jalanan yang digenangi air tentu lebih licin. 

Sering, karena hanya beberapa hal remeh yang lepas dari perhatian, dapat jadi kekuatan atau unsur penyumbang berlangsungnya kecelakaan. Untuk menghindarinya, ada banyak panduan berkendara saat hujan yang perlu kita tahu, seperti dikutip situs sah Suzuki Indonesia: 

1. Yakinkan Anda merasakan nyaman 

Jika Anda telah merasakan tidak nyaman mengemudi saat hujan, sebaiknya menunda perjalanan atau menanti cuaca lebih surut dahulu sebelum pada akhirnya mengemudikan mobil. 

Tidak ada fakta untuk menyesuaikan diri dalam bahaya bila Anda merasakan tidak nyaman serta mengemudi dalam keadaan yang ragu-ragu. 

2. Yakinkan perlengkapan mobil berperan baik 

Untuk hadapi cuaca hujan, cek lampu, serta wiper kaca serta yakinkan beberapa alat itu dapat kerja secara baik waktu diperlukan atau dinyalakan. 

Janganlah lupa check keadaan ban. Yakinkan ban tidak botak atau masih wajar untuk melewati jalanan yang basah. 

3. Berkendaralah dengan perlahan-lahan 

Berkendaralah dengan pelan-pelan, berarti bukan hanya harus patuhi batas kecepatan. Anda pun dianjurkan untuk mengemudi tambah lebih lamban dari kecepatan umumnya waktu cuaca cerah. 

Jalan basah dapat benar-benar beresiko. Ditambah lagi, reaksi kendaraan akan tambah lebih lamban saat melewati hujan. 

4. Menjaga jarak dengan kendaraan lain


Tidak hanya kurangi kecepatan, jaga jarak lebih jauh di antara mobil serta kendaraan yang ada di muka. 

Mengapa? Sebab mengerem semakin lebih susah saat mengemudi di jalanan yang basah. Lebih, pengendara benar-benar dilarang menggunakan langkah hard braking, sebab efek ban selip akan besar sekali. 

5. Nyalakan lampu jadi sinyal untuk pengendara lain 

Tetap berkomunikasi lewat cara hidupkan sinyal seperti lampu walau hujan di siang hari, hingga pengendara lain yang waktu itu mengalami pengurangan visibilitas, dari jauh bisa tahu kehadiran kita, baik saat mengerem atau waktu ingin berbelok. 

Tetapi ingat, jangan pakai lampu hazard waktu hujan lebat. Lampu hazard digunakan hanya untuk kondisi genting. Penggunaan lampu hazard saat hujan malah dapat membuat pengendara lain kebingungan.

Belum ada Komentar untuk "Jangan Lupa Perhatikan Berikut Saat Menyetir Mobil di Waktu Hujan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel