Bagaimana Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Punggung Akibat Skoliosis?


Nyeri punggung adalah salah satu keluhan yang paling sering dialami penderita skoliosis. Kondisi tersebut tak dipungkiri mengganggu kegiatan sehari-hari dan mengurangi performa mereka. Menjalani terapi di klinik terapi skoliosis Jakarta adalah langkah yang dapat membantu Anda meredakan sensasi nyeri tersebut. Dampaknya pun akan lebih baik saat Anda mengimbanginya dengan latihan-latihan fisik yang sesuai.

Faktor penyebab nyeri tulang belakang

Nyeri tulang belakang yang dialami penderita skoliosis berbeda dengan mereka yang tak mempunyai kondisi tersebut. Gangguan tersebut biasanya diakibatkan tekanan pada piringan tulang belakang. Selain itu, lengkungan tulang belakang riskan menimbulkan peregangan, iritasi, hingga tekanan pada jaringan saraf. Tingkat keparahan skoliosis yang Anda alami juga berpengaruh pada rasa sakit yang dirasakan tulang belakang.

Buruknya postur tulang belakang secara tak langsung berdampak pada nyeri yang penderita skoliosis rasakan. Apalagi ada risiko-risiko lain yang mengintai seperti mudah kelelahan hingga sensasi kaku pada otot. Sebelum kondisinya semakin parah, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk menerima penanganan medis yang sesuai.

Mengatasi nyeri punggung pada penderita skoliosis

Rutin terapi di klinik memang membantu Anda dalam menjaga postur dan meredakan dampak lengkungan tulang belakang. Akan tetapi, seperti yang disinggung, dampak positifnya akan bertahan lama kalau Anda membarenginya dengan latihan fisik yang tepat.

Rutin berolahraga adalah langkah termudah yang dapat Anda lakukan untuk meringankan nyeri punggung. Pasalnya, gerakan-gerakan pada latihan fisik tersebut membuat tubuh lebih mudah dan fleksibel untuk bergerak. Keluhan seperti rasa sakit dan kaku pada otot pun akan berkurang. Namun, penderita skoliosis pun harus memperhatikan jenis olahraga yang aman untuk tulang punggungnya.

Olahraga dengan sistem muskuloskeletal merupakan jenis latihan yang direkomendasikan karena dapat menguatkan otot tubuh. Dalam hal ini, bersepeda, berenang, dan yoga adalah jenis olahraga yang aman untuk Anda yang memiliki skoliosis.

Kemudian, stretching atau peregangan menjadi aktivitas lainnya yang paling sering dianjurkan untuk meredakan nyeri punggung pada penderita skoliosis. Ada empat gerakan stretching yang aman untuk tulang punggung Anda, antara lain:
  • Cat stretch untuk mengencangkan otot perut dan tulang belakang. Posisi ini membantu Anda untuk mensejajarkan lutut dengan pinggul;
  • Back stretch untuk meregangkan bagian atas punggung, sehingga rasa kaku yang kerap Anda alami dapat dikurangi;
  • Chest stretch yang dapat meregangkan kembali tulang belikat, salah satu bagian tubuh yang kadang terasa tertekan pada penderita skoliosis;
  • Lower back stretch untuk mengurangi sensasi nyeri pada bagian bawah tulang belakang dan membantu Anda memperbaiki postur tubuh.

Sebelum Anda mengambil tindakan, konsultasikan dengan dokter rumah sakit atau terapis profesional di klinik terpercaya supaya nyeri punggung akibat skoliosis tak bertambah parah.

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Punggung Akibat Skoliosis?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel